Tempat Wisata Alam di Bali

10 Tempat Wisata Alam di Bali yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Melancong.id Sebagian besar orang di Indonesia khususnya, menganggap Bali sebagai pusat pariwisata paling keren, terutama wisata alam di Bali yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Bali menjadi salah satu primadona pariwisata di Indonesia, bahkan sampai saat ini tempat wisata di Bali sudah terkenal sampai ke seluruh dunia.

Salah satu daya tarik para wisatawan di pulau Bali adalah kawasan pariwisata yang memiliki tempat yang menarik, seperti tempat dengan keindahan alam berupa pantai, danau, hutan lindung, pegunungan, sungai, air terjun, hingga area persawahan nan hijau. Akan tetapi, untuk tempat wisata seperti pantai mungkin sudah terlihat biasa dan terlalu mainstream. Berikut ini akan dibahas tentang beberapa tempat wisata alam di Bali selain pantai yang bisa kamu kunjungi.

Inilah 10 Rekomendasi Wisata Alam di Bali Selain Pantai

  1. Hutan Pinus Kintamani

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: baligateway.co.id

Pertama, kamu bisa berkunjung ke salah satu tempat di Bali tepatnya di kawasan Sukawana-Kintamani, Bali. Tempat wisata di Bali ini dikenal dengan nama Hutan Pinus Kintamani. Hutan pinus ini menjadi suatu alternatif bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat wisata alam di Bali. Selain lokasinya yang cukup strategis, Hutan Pinus Kintamani ini juga memiliki beberapa spot foto yang bagus dan instagramable

Tempat wisata ini terletak di dataran tinggi, dan tentunya udara di situ pun lebih dingin jika dibandingkan dengan di dataran rendah. Disarankan kepada para wisatawan untuk benar-benar memperhatikan kondisi badan, supaya tidak drop  saat merasakan udara dingin di hutan pinus ini. Akan tetapi, bagi kamu yang sudah terbiasa dengan udara gunung pasti akan merasakan kesejukan yang sangat istimewa.

Kemudian tempat wisata alam di Bali ini juga sangat cocok bagi kamu para pecinta alam atau bahkan hanya sekedar ingin menikmati udara segar dan juga sejuk. Mungkin karena terlalu lama tinggal di kota dengan banyak polusi, sehingga membutuhkan udara segar untuk bersantai. Selain itu, tempat ini juga bisa kamu jadikan sebagai tempat foto prewedding, loh. Bahkan, kamu bisa masuk ke tempat hanya membayar biaya parkir saja, jadi tidak akan terlalu menguras kantong.

  1. Bukit Tengah

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: feelinbali.blogspot.com

Ingin merasakan keindahan alam bebas? Bukit Tengah jawabannya! Ya, karena bukit ini terletak di tengah-tengah hutan dan terdapat pemandangan pepohonan hutan yang sangat rimbun. Tempat wisata alam di Bali ini berada di desa Pesinggahan-Dawan, Klungkung Bali. Lebih tepatnya, Bukit Tengah ini terletak di sebelah timur tempat wisata Goa Lawah. Selain itu, Bukit Tengah ini juga lumayan dekat dengan kota Denpasar dengan jarak sekitar 42 km yang bisa ditempuh menggunakan kendaraan selama 1 jam perjalanan. Tempat ini masih lumayan sepi, karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaan tempat ini. Mungkin karena belum ada fasilitas yang memadai di situ dan jarang juga terekspos di media online.

Bagi kamu para pecinta alam, tempat ini wajib kamu kunjungi. Mengapa? Karena pasti kamu kamu akan terpesona di saat melihat panorama dan pemandangan alam yang disuguhkan di tempat wisata alam ini. Tenang saja, untuk akses menuju tempat wisata alam di Bali ini pun tidak terlalu rumit, karena sudah terdapat jalan aspal. Hanya saja terdapat beberapa lubang jalan dan rute yang berkelok-kelok dikarenakan tempat ini berada di dataran tinggi.

Kondisi alam yang masih asri dapat menghasilkan udara yang sejuk, apalagi tempat ini masih cukup sepi. Jadi, akan sangat cocok bagi kamu untuk menghilangkan rasa penat dan lelah setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Kemudian untuk dapat masuk ke tempat wisata ini juga tidak dipungut biaya, cukup membayar biaya parkir saja. 

  1. Desa Pinggan

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: triptrus.com

Di Bali juga terdapat suatu desa wisata yang bisa kamu kunjungi, yaitu Desa Pinggan yang berada di kecamatan Kintamani, Bali. Tempat wisata alam di Bali ini berada di dataran tinggi, yang dimana menjadikan suasana di desa ini menjadi sejuk dan dingin. Tempat ini menjadi salah satu favorit pagi para pecinta alam, karena disana terdapat beberapa spot foto yang sangat instagramable.

Desa Pinggan menjadi salah satu destinasi yang paling direkomendasikan, karena disitu terdapat pemandangan dan panorama alam yang sangat menarik, bahkan tempat ini dikelilingi perbukitan yang hijau. Di Desa Pinggan ini kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Batur dan juga sunrise yang bisa kamu lihat pada waktu subuh.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Bali Paling Populer Tahun Ini

Bagaimana, apakah kamu tertarik? Tempat wisata alam di Bali ini sangat cocok mengabadikan momen bersama pasangan kamu, loh! Kemudian untuk akses menuju ke tempat wisata ini juga masih gratis, hanya saja membayar biaya untuk parkir kendaraan saja.

  1. Tibumana Waterfall

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: mountbatursunrisetrekking.org

Ada yang keren, nih! Ya, di Bali ada juga tempat wisata waterfall atau air terjun. Mungkin sebagian besar orang menganggap air terjun itu merupakan tempat wisata yang biasa saja. Akan tetapi, setelah datang mengunjungi tempat wisata alam di Bali berupa air terjun ini, pasti akan takjub akan pemandangan indah yang disuguhkan. 

Air terjun ini terletak di Desa Susut-Apuan, Bali yang bisa ditempuh selama kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Denpasar. Lingkungan di sekitar air terjun masih terlihat asri dan alami, karena di sisi lain Tibumana Waterfall ini terletak di daerah pedesaan. Kamu bisa melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan menuju ke lokasi air terjun.

Baca Juga: 10 Hotel Terbaik di Kuta, Bali yang Memiliki Harga Murah

Di tengah perjalanan menuju air terjun, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa pepohonan yang hijau dengan kicauan burung hutan. Nah, untuk tiket masuk ke salah satu tempat wisata alam di Bali ini kamu diharuskan membayar Rp 10 ribu saja. Jadi, dengan harga sebesar itu, tentu tidak terlalu membebani dan menguras kantong.

  1. Air Terjun Kanto Lampo

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: kintamani.id

Masih sama-sama membahas tentang air terjun, di kawasan Gianyar, Bali terdapat satu tempat wisata Air Terjun Kanto Lampo. Tempat wisata alam di Bali ini sangat cocok kamu kunjungi untuk mencari ketenangan, terutama yang ingin melepas penat, mengingat sibuknya aktivitas sehari-hari.

Suasana alam yang masih asri, terdengar suara kicauan burung dan gemericik air yang pasti akan membuat pikiran menjadi rileks. Terdapat suatu hal yang unik di wisata Air Terjun Kanto Lampo, yaitu air yang jatuh dari tebing mengalir dengan tenang melewati bebatuan berundak.

Jadi, tidak akan menghasilkan suara yang gemuruh berisik seperti air terjun pada umumnya. Kemudian untuk akses menuju lokasi wisata alam di Bali ini juga cukup mudah, karena dengan pusat Kota Gianyar hanya berjarak sekitar 3 km. Lalu, dari tempat parkir kamu hanya perlu berjalan kaki sepanjang 150 m menuju air terjun.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke sini, tempat wisata di Bali ini memiliki jam operasional 24 jam. Kemudian untuk tiket masuk, per orangnya akan dibebankan biaya sebesar Rp 15 ribu saja.

  1. Air Terjun Tukad Cepung

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: baligateway.co.id

Tidak kalah dengan beberapa air terjun di atas, Air Terjun Tukad Cepung juga menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata alam di Bali yang wajib kamu kunjungi. Suasana di tempat ini masih asri dan belum banyak orang berkunjung ke tempat ini. Dikarenakan kondisi alam yang masih liar, kamu harus sedikit mendaki tebing untuk bisa menjumpai Air Terjun Tukad Cepung.

Lelah perjalanan menuju lokasi? Tenang saja, karena saat ini sudah terdapat beberapa warung yang berada di sekitar air terjun yang menjual beraneka macam makanan dan minuman dengan harga yang masih terjangkau. Akan tetapi, kamu juga harus perlu berhati-hati ketika berkunjung ke sini. Mengapa? Karena saat musim hujan ketinggian air di aliran sungai dan tebing mengalir deras dan bisa berbahaya. Jika kamu ingin berkunjung, per orang dibebankan biaya sebesar Rp 15 ribu.

  1. Pura Ulun Danu Beratan

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: ulundanuberatan.com

Kamu juga bisa berkunjung ke salah satu pura di Bali yang terletak tidak jauh dari Kota Denpasar yang hanya berjarak sekitar 56 km. Pura Ulun Danu Beratan ini merupakan destinasi wisata alam di Bali yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kamu bisa menuju ke tempat ini menggunakan kendaraan dari Kota Denpasar dengan waktu yang diperlukan sekitar 1 jam 49 menit. Pura yang berada di Desa Candikuning, Tabanan, Bali ini terletak di pinggiran Danau Bratan. Di situ kamu bisa menikmati keindahan alam sekaligus memandang megahnya Pura Ulun Danu Beratan.

Tempat wisata alam di Bali ini sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan udara segar sambil menikmati keindahan danau beserta Pura Ulun Danu Beratan. Kemudian untuk tiket masuk, per orang akan dibebankan biaya sebesar Rp 15 ribu dan belum termasuk biaya parkir kendaraan.

  1. Persawahan Jatiluwih

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: baligateway.co.id

Selanjutnya jika kamu ingin Ingin melihat hamparan sawah yang hijau dan asri, bisa berkunjung ke area Persawahan Jatiluwih yang terletak di kawasan Penebel, Tabanan, Bali. Eitss! Area Persawahan ini tidak seperti persawahan pada umumnya, loh! Penataan terasering yang berundak khas Bali ini akan memberikan nuansa pedesaan yang asri. Tentu saja salah satu destinasi wisata alam di Bali ini jauh dari kebisingan seperti yang ada di kota.

Kemudian kamu bisa mengelilingi area persawahan ini dengan cara bersepeda atau bisa juga naik mobil Volkswagen yang bisa kamu sewa dari penyedia jasa perjalanan yang berada di area tempat wisata ini. Jika kamu tertarik bisa berkunjung ke salah satu wisata di Bali ini dengan tiket masuk sebesar Rp 15 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp 40 ribu untuk wisatawan asing.

  1. Desa Penglipuran

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: blogunik.com

Mungkin sebagian besar orang di luar sana sudah tidak asing lagi dengan desa yang satu ini, yaitu Desa Penglipuran. Desa ini terletak di kawasan Bengli, Bali yang juga sering dijadikan sebagai tempat syuting acara televisi, loh. Desa ini menjadi salah satu destinasi wisata alam di Bali yang wajib kamu kunjungi.

Mengapa? Ya, karena desa ini juga sudah berhasil mendapatkan suatu predikat sebagai desa terbersih di dunia. Desa ini cocok jika disandingkan dengan Desa Giethoorn yang berada di Belanda dan juga Desa Mawlynnong yang berada di India. Kemudian untuk tiket masuk ke area wisata ini per orang dibebankan biaya sebesar Rp 15 ribu.

  1. Kebun Raya Bedugul

Tempat Wisata Alam di Bali
Sumber: Lipi.go.id

Terakhir, kamu bisa berkunjung ke kawasan wisata alam di Bali yang indah, yaitu Kebun Raya Bedugul. Tempat wisata yang satu ini terletak di kawasan Bedugul, Tabanan, Bali. Bagi kamu para pecinta alam, tempat wisata ini sangat cocok dan wajib dikunjungi.

Selain itu, disana terdapat banyak sekali spot foto yang bagus dan instagramable. Suasana tenang dan udara yang terasa sejuk, pasti akan membuatmu nyaman disaat berada di sini. Kemudian untuk tiket masuk ke tempat wisata di Bali ini, per orangnya dibebankan biaya sebesar Rp 11 ribu saja.

Nah, di atas merupakan beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Bali selain pantai yang harus kamu kunjungi. Bali memiliki ribuan destinasi wisata, hanya saja semua itu disesuaikan dengan ketertarikanmu terhadap suatu tema tempat wisata. Jika kamu mencintai alam, beberapa tempat yang telah dibahas tadi bisa coba kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu liburanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *