Tempat Wisata Nusa Penida

10 Tempat Wisata Nusa Penida yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Melancong.id Pada saat kamu sedang berkunjung ke Bali, tak lengkap jika belum berkunjung ke tempat wisata Nusa Penida. Mungkin sebagian besar orang terutama para traveler sudah tau pulau yang berada di dekat pulau Bali ini. Banyak orang mengatakan bahwa, Nusa Penida merupakan surganya pariwisata di Indonesia.

Di sini terdapat beraneka macam objek wisata yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Nusa Penida merupakan pulau yang terbesar kedua di wilayah Bali ini. Akan tetapi, disini tidak hanya ada tempat wisata pantai, laut dan sunset saja, loh! Namun, kamu juga bisa menemukan banyak destinasi wisata yang menarik di pulau ini.

BACA JUGA: 10 Hotel Terbaik Bali dengan Harga Murah

Terlalu banyaknya tempat wisata yang ada di pulau ini, mungkin akan membuat para wisatawan bingung untuk menuju kemana. Maka dari itu, berikut merupakan beberapa rekomendasi tempat wisata Nusa Penida yang belum banyak orang ketahui.

Inilah 10 Tempat Wisata Nusa Penida yang Tersembunyi dan Wajib Kamu Kunjungi

  1. Pasih Uug a.k.a Broken Beach

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: digitaloceanspaces.com

Pertama, Pasih Uug menjadi salah satu tempat wisata Nusa Penida yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Selain memiliki panorama yang indah, tempat ini juga dihiasi dengan batu karang yang besar nan indah. Kemudian disana juga terdapat beberapa spot foto yang asik dan instagramable.

Namun, kamu tidak bisa berenang di bawah karang yang berada di tempat wisata ini, karena akan sangat berbahaya. Dimana karang yang ada di situ sangatlah tajam dan besarnya ombak yang tidak bisa diprediksi.

Tempat wisata Nusa Penida yang berada di kawasan Kabupaten Klungkung, Bali ini menjadi favorit para wisatawan domestik maupun asing. Jika tertarik untuk berkunjung ke sini, kamu hanya menyiapkan biaya retribusi sebesar Rp 5 ribu saja untuk per orangnya.

  1. Raja Lima – Raja Ampat Versi Bali

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: kintamani.id

Raja Ampat? Siapa bilang cuma ada di Papua saja. Karena di Bali juga ada tempat yang mirip, yaitu Raja Lima. Tempat wisata Nusa Penida ini berada di Kabupaten Klungkung, Bali yang terkenal dengan panorama alam yang indah dengan bebatuan karang besar yang akan sangat memesona jika dilihat dari kejauhan.

Tidak hanya itu, disana juga terdapat bibir pantai yang dihiasi dengan pasir putih yang lembut. Kemudian tempat wisata Nusa Penida ini memiliki mata air yang berada di pinggir laut. Uniknya lagi, air yang ada di sini tidak terasa asin sama sekali dan sumber air belum pernah kering.

  1. Angel’s Billabong

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: penidainktraveller.com

Selanjutnya di Nusa Penida terdapat salah satu kolam tersembunyi yang berada di tepi pantai, loh. Biasanya orang-orang menyebutkan destinasi wisata Nusa Penida ini dengan sebutan kolam para bidadari. Selain bisa berenang di sini, kamu juga bisa berfoto ria dengan spot yang sangat epic. Bayangkan saja, jika kamu bisa bermain air dan bahkan berenang di kolam yang berada di antara karang yang tajam.

Akan tetapi di situ terdapat air yang jernih serta pemandangan yang keren. Misalkan kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata Nusa Penida ini, siapkan uang untuk membeli tiket masuk sebesar Rp 5 ribu untuk wisatawan lokal dan Rp 10 ribu untuk wisatawan asing, dan itu belum termasuk biaya parkir kendaraan.

  1. Teletubbies Hill

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: amazingpenidatour.com

Selanjutnya kamu juga tidak harus berkunjung ke pantai saja untuk mendapatkan spot yang bagus. Kamu juga bisa berkunjung ke salah satu tempat wisata Nusa Penida yang sedang populer saat ini, yaitu Teletubbies Hill. Tempat ini berada di kawasan Tanglad, Klungkung, Bali yang dimana di situ terdapat perbukitan yang unik dan keren.  

Susunan terasering dan bentuk bukit yang unik dan disertai dengan rerumputan hijau yang menyelimuti perbukitan ini, hingga dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Mengapa? Ya, karena bukit tersebut mirip sekali dengan bukit yang ada di salah satu acara televisi jaman old yang bernama teletubbies, dengan tokoh kartun bernama Tinky Winky, Dipsy, Lala dan Pooh. Kemudian tiket masuk ke salah satu destinasi Nusa Penida ini, per orang akan dibebankan biaya sebesar Rp 10 ribu.

  1. Rumah Pohon (Molenteng)

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: traveltodayindonesia.com

Ada yang unik nih di Nusa Penida, yang dimana terdapat salah satu tempat wisata berupa Rumah Pohon yang berada di Nusa Penida bagian timur. Tentu saja tempat wisata Nusa Penida ini memiliki suatu keunikan tersendiri, dimana rumah pohon ini berada di pohon yang berada di atas tebing karang. 

Kemudian dari rumah pohon tersebut, kamu bisa menikmati keindahan panorama laut, pecahan karang yang besar, dan kamu juga bisa menikmati hawa sejuk di rumah pohon ini. Dari ketinggian rumah pohon, wisatawan akan merasakan hembusan angin laut yang sejuk dengan pemandangan gugusan pulau-pulau kecil disekitarnya.

Di tempat wisata Nusa Penida ini kamu juga bisa menikmati sunset sambil bersantai di rumah pohon yang ada di situ. Kemudian untuk tiket masuk ke destinasi ini, per orang dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu saja.

  1. Goa Giri Putri

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: tripnusapenida.com

Goa juga menjadi salah satu rekomendasi wisata Nusa Penida yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Goa Giri Putri. Tempat ini berada di sebuah desa bernama Suana, Klungkung, Bali yang dimana gua ini digunakan sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa yang banyak masyarakat percaya hal ini bisa menyelamatkan umat manusia.

Goa Giri Putri ini memiliki panjang sekitar 262 meter dan kedalaman sekitar 150 meter. Seperti yang menjadi ciri khas setiap gua, yaitu terdapat banyak kelelawar dan stalagtit. Kemudian tempat persembahan berada beberapa tempat, yaitu di bagian depan gua dan ada juga yang berada di dalam goa.

Selain itu di bagian dalam gua juga terdapat aliran air yang dipercaya sebagai air yang suci. Jika kamu tertarik berkunjung ke salah satu destinasi wisata Nusa Penida ini siapkan uang sebesar Rp 10 ribu untuk tiket masuknya.

  1. Mata Air Guyangan

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: thenusapenida.com

Nusa Penida juga memiliki sumber mata air yang dibuka untuk umum dan saat ini ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Mata air tersebut diberi nama Guyangan yang dimana sumber ini bisa mengaliri air bersih ke sekitar delapan desa di Nusa Penida, yaitu Desa Kutampi, Sekar Taji, Batu Kandik, Batu Madeg, Pejukutan, Tanglad, Klumpu, dan Bunga Mekar.

Kamu akan disuguhkan banyak anak tangga yang harus dilewati untuk bisa sampai ke sumber mata air. Namun, jika kamu kelelahan bisa minum air di sumbernya dan bahkan bisa berenang di kolam dengan air yang dingin.

  1. Gala-Gala Underground House

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: mahagirinusalembongan.blogspot.com

Jika tadi sudah dibahas tentang gua yang ada secara alami, tapi disini juga ada gua yang dibuat oleh manusia. Sampai sekarang, destinasi di kawasan Lembongan, Bali ini dikenal dengan sebutan Gala Gala Underground House. Gua atau yang bisa disebut sebagai rumah ini merupakan salah satu rekomendasi wisata Nusa Penida yang bisa kamu pilih untuk berlibur.

Rumah tersebut dibangun pada tahun 1961 yang membutuhkan waktu sekitar 15 tahun untuk bisa menjadi rumah bawah tanah seperti sekarang ini. DImana rumah tersebut dibangun oleh jero Mangku Dalang yang bernama Mangku Byasa. Beliau saat itu juga berprofesi sebagai seorang petani dan sering juga bertapa.

Kemudian untuk bisa masuk ke dalam, kamu harus melewati anak tangga dengan turunan sekitar 2 meter. Didalamnya juga terdapat ruangan yang sama seperti rumah pada umumnya, seperti terdapat ruangan untuk meditasi, kamar tidur, ruang tamu, dapur dan bahkan ada juga sumur. Lalu, tiket masuk ke tempat wisata Nusa Penida ini juga cukup murah, per orangnya akan dikenakan biaya sebesar Rp 25 ribu.

  1. Seganing Waterfall

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: balijaunt.com

Di Nusa Penida tepatnya di Dusun Sebuluh juga terdapat salah satu air terjun yang wajib kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Seganing (Seganing Waterfall). Air terjun ini memiliki pemandangan yang keren dan bahkan bisa dikatakan berbeda dengan air terjun pada umumnya. Hanya saja akses untuk menuju ke lokasi Seganing Waterfall bisa dibilang sangat ekstrim.

Mengapa? Ya, karena pengunjung diharuskan melewati jurang yang sangat terjal dengan jalan menurun. Akan tetapi di situ sudah terdapat pagar pembatas yang terbuat dari kayu sebagai pegangan. Namun, kamu tetap harus berhati-hati saat melewati jalur ini, apalagi di saat hujan dan pasti jalan akan menjadi licin.

  1. Pantai Kelingking

Tempat Wisata Nusa Penida
Sumber: wanderersandwarriors.com

Terakhir, terdapat salah satu tempat wisata Nusa Penida yang tersembunyi dan di situ terdapat pemandangan yang sangat luar biasa. Ya, tempat tersebut adalah Pantai Kelingking yang berada di kawasan Bunga Mekar, Klungkung, Bali. Dari puncak bukit yang ada di pantai itu, kamu bisa melihat liukan batu karang yang kokoh menyerupai jari kelingking.

Selain itu di bawah juga terdapat pantai dengan pasir putih yang tampak bersih. Apalagi dipadukan dengan air laut yang berwarna biru beserta karang yang disertai dengan tumbuhan berwarna hijau. Pasti akan sangat luar biasa! Selain itu kamu juga bisa mendapatkan spot foto yang keren dan instagramable di sini. 

Nah, di atas merupakan pembahasan tentang beberapa rekomendasi tempat wisata Nusa Penida yang wajib dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Selain tiket yang murah, kamu bisa mendapatkan kepuasan yang sangat mahal. Apalagi kamu mengabadikan momen dengan berfoto maupu video dalam spot yang pas dan instagramable. Bagi kamu yang berencana liburan ke Bali terutama ke tempat wisata Nusa Penida, kamu bisa menjadikan beberapa tempat di atas sebagai salah satu tujuan perjalananmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *