Wisata Bali Utara yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi 10 Wisata Bali Utara yang Wajib Dikunjungi

Posted on

Melancong.id Wisata Bali Utara memang tidak akan lepas dari pantai dan udara panas khas dataran rendah. Ciri khas lainnya adalah sebagian besar mempunyai pasir berwarna hitam. Tetapi, tidak hanya sampai di situ saja. Beberapa wilayahnya juga terkenal memiliki suhu yang dingin, sejuk dan menenangkan.

Kawasan ini memang dikhususkan untuk kamu yang mempunyai hobi petualangan. Karena, sebagian besar merupakan dataran tinggi. Sehingga, pemandangan berupa perbukitan, hutan, danau lebih mendominasi. Bisa dikatakan, wilayah utara Pulau Dewata ini merupakan daerah pedesaan yang terkenal dengan keramahan penduduknya.

Inilah 10 Rekomendasi Wisata di Bali Utara

Menuju ke wilayah Bali Utara memang tidak mudah. Bila menggunakan pesawat, perjalanan dari Denpasar membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam sampai 3 jam lamanya. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan kendaraan dari Banyuwangi, kemudian naik kapal selanjutnya, menjelajah destinasi tujuan.

Panorama yang disajikan berupa air terjun yang dingin dan menyegarkan, pemandian air panas, kemudian petualangan menyusuri hutan. Ada juga pura serta danau cukup terkenal dan jadi tujuan favorit wisatawan baik dari Indonesia atau mancanegara. Berikut ini rekomendasi wisata terbaik di Negeri Seribu Pura bagian utara.

1. Pantai Lovina

Pantai Lovina Bali
Sumber : ksmtour.com

Salah satu pantai yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat pagi hari sekitar pukul 5 pagi. Mereka tidak ingin melewatkan pengalaman melihat lumba-lumba berenang. Untuk bisa melihatnya, kamu harus menyewa perahu nelayan dengan harga Rp150.000/ orang.

Fasilitas yang didapatkan ada life jacket, berkeliling pantai kurang lebih 2 jam kemudian, diakhiri dengan sarapan pagi. Aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah snorkeling, diving dan duduk di tepi pantai, dengan panorama pasir hitamnya dan ombaknya cukup tenang. Aman digunakan untuk berenang.

2. Kolam Alami Air Sanih

Kolam Alami Air Sanih Bali
Sumber : parkjimin01.blogspot.com

Wisata Bali Utara ini sudah ada sejak tahun 1930, ada cerita mitos yang mengiringi Kolam Air Sanih. Wisatawan dan penduduk sekitar percaya bila ada pasangan kekasih mandi bersama di sini. Mereka akan selalu bersama sampai maut memisahkan. Sumber air kolam ini sering digunakan berbagai upacara adat.

Terdiri dalam dua kolam, pertama untuk anak-anak kedalamannya hanya sampai lutut orang dewasa saja. Sementara, bagi dewasa sudah disediakan kedalaman 1,5 meter. Kamu bisa berenang dengan membayar tarif Rp10 ribu. Fasilitas yang diberikan loker, ruang ganti, serta area parkir luas.

3. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling Bali
Sumber : kintamani.id

Wisata Bali Utara ini mempunyai ketinggian 35 meter, mempunyai ke dalam kolam mencapai 4 meter. Sekelilingnya kamu bisa melihat tebing-tebing menjulang tinggi, debit airnya sangat deras. Memiliki dua aliran, yaitu kanan dan kiri, waktu terbaik untuk berkunjung adalah musim kemarau.

Saat musim penghujan, airnya cenderung sangat keruh, jadi kurang bagus dijadikan sebagai latar belakang foto. Tidak hanya berenang, ada aktivitas lain bisa dilakukan yaitu perosotan dari atas air terjun. Sebelum meluncur, kamu akan diberikan fasilitas berupa pelampung, siapkan mental karena, ketinggiannya mencapai 12 meter.

Bagi yang punya adrenalin tinggi, bisa naik ke atas tebing lalu, melakukan clift jumping. Bisa memilih ketinggiannya, 5 meter atau 10 meter. Sebelum menikmati berbagai keseruannya, kamu akan dikenakan tarif masuk. Sebesar Rp125 ribu, sudah bersama tour-guide dan semua jenis permainan seru.

4. Gunung Batur

Gunung Batur Bali
Sumber : hdqwalls.com

Tempat Wisata Bali Utara ini merupakan Gunung tertinggi kedua di Pulau Dewata. Banyak pendaki dari luar kota hingga mancanegara, mencoba melihat keindahan Bali dari titik tertinggi. Untuk mencapai puncak tidak terlalu sulit, medan yang harus dilalui cukup mudah. Sudah banyak petunjuk arah, sehingga memudahkan pendakian.

Tersedia jasa tour-guide, siap memberikan layanan antar jemput. Harganya Rp450 ribu. Keindahan Gunung Batur memang tidak ada duanya. Bila beruntung, pesona matahari terbit terlihat sangat cantik. Perjalanan sampai ke atas membutuhkan waktu 4 sampai 6 jam, sementara saat turun hanya 2 sampai 3 jam.

5. Pemandian Air Panas Banjar

Wisata Pemandian Air Panas Banja
Sumber : travelspromo.com

Berkunjung ke kawasan Buleleng, jangan lupa untuk pergi ke Pemandian air panas Banjar, Wisata Bali Utara ini tidak pernah sepi, selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Mempunyai 3 kolam utama, paling dalam 1,5 meter. Biasanya wisatawan memanfaatkannya untuk berendam dan berenang.

Hampir setiap kolam memiliki pancuran, tidak sedikit dari mereka berdiam diri di bawah pancuran, merasakan kesegarannya. Air dalam pemandian ini mengandung belerang dipercaya, mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Sepeti rematik, mampu mengembalikan kesegaran badan akibat lelah beraktivitas serta penyakit kulit.

6. Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park Bali
Sumber : hotels.com

Liburan bersama keluarga memang menyenangkan seperti Wisata Bali Utara ini menyediakan berbagai wahana outbond seru. Ada flying fox memiliki panjang hingga 160 meter, spider nets, flying swing. Total permainannya mencapai 72, kamu bisa memilih salah satu atau memainkannya semua.

Tetapi, perlu diperhatikan beberapa syarat serta ketentuan berlaku sebelum bermain. Untuk anak-anak hanya diperbolehkan usia 4 tahun ke atas saja, lalu umur maksimal adalah 70. Berat badan juga masuk dalam persyaratan, maksimal 120 kilogram. Cobalah datang dan rasakan berbagai wahana adrenalin terbaik di Pulau Dewata.

7. Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan di Bali
Sumber : tripadvisor.com

Pura Ulun Danu Bratan sangat cocok dijadikan kunjungan selanjutnya. Udaranya sangat sejuk Karena terletak pada ketinggian 1239 Mdpl. Karena keindahannya, banyak wisatawan dan warga sekitar memanfaatkannya sebagai lokasi foto prewedding. Tidak hanya aktivitas foto saja, kamu juga bisa berkeliling danau.

Dengan menyewa perahu yang sudah disediakan. Masuk ke wilayah pura, ada pemandangan menarik berupa hewan rusa dan taman. Jangan lupa mengambil Pura Ulun Danu Bratan sebagai background terbaik. Selain danau, ada juga gunung serta perbukitan bisa terlihat dengan jelas.

8. Danau Tamblingan

destinasi Danau Tamblingan
Sumber : baligetaway.co.id

Wisata Bali Utara ini terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Lesung beberapa abad yang lalu. Tidak hanya Danau Tamblingan saja, masih ada dua lainnya yaitu Beratan, dan Buyan. Udara sekitarnya sangat sejuk, bebas dari polusi udara. Banyak aktivitas bisa dilakukan seperti mengelilingi danau.

Sudah tersedia banyak perahu, tidak hanya untuk berkeliling saja. Mereka bisa di sewa untuk keperluan memancing. Bahkan, saat siang hari banyak warga sekitar memancing. Kemudian, hasil ikan tersebut menjadi santapan makan malam, dengan memanfaatkan sarana camping ground.

9. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit Bali
Sumber : travelspromo.com

Wisata Bali Utara selanjutnya adalah Air Terjun Gitgit. Jaraknya kurang lebih 11 kilometer dari pusat kota Singaraja. Tingginya 35 meter, debit airnya sangat deras, sehingga disarankan untuk tidak berada di dekatnya, agar tidak basah. Menuju ke titik lokasi, kamu harus tracking dan menuruni anak tangga.

Sepanjang perjalanan, aroma kopi serta cengkeh sangat terasa. Bila beruntung, wisatawan akan bertemu dengan para petani yang sedang memetiknya. Air terjun tertinggi di Bali ini mempunyai kawasan kolam renang alami. Fasilitas lainnya seperti tempat ibadah, toilet sudah tersedia dan kondisinya terawat dengan baik.

10. Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri Bali
Sumber : backpackerjakarta.com

Pilihan terakhir adalah Puncak Wanagiri, menyediakan keindahan alam berupa kawasan perbukitan. Kamu bisa puas foto-foto mulai dari sangkar burung sampai ayunan. Selain itu, pemandangan Danau Buyan juga terlihat cantik dari atas. Menikmati berbagai spot tersebut akan dikenakan tarif Rp 10 ribu.

Baca Juga : Rekomendasi Wisata Bali Selatan yang Wajib Kamu Kunjung

Setelah dari selatan tidak ada salahnya menuju ke utara. Kamu bisa relaksasi dengan mandi air panas, menikmati suhu dingin dan sejuk, melihat pemandangan danau dan air terjun, di mana airnya sangat segar, sayang bila dilewatkan begitu saja. Jadi, siapkan agenda untuk menjelajah wisata Bali Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *